Menyelam Samudera Ma'rifat dan Hakekat ( Antara Do'a Dan Suratan Takdir )

0 komentar
ilham
" Bagaimana mungkin permohonan anda yang datang kemudian adalah sebagai sebab pemberian Alloh yang telah ditetapkan terlebih dahulu "

Pernyataan ini merupakan dalil penegasan akan adanya sebab musabab. Karena apa yang diminta oleh hamba itu, merupakan sesuatu yang telah lebih dulu ditetapka dalam takdir. Namun demikian, permintaan itu merupakan juga ketetapan yang menyertainya. Bagaimana bisa dikatakan sesuatu yang menyusul kemudian itu menjadi sebab dari adanya sesuatu yang telah lebih dahulu. Bukankah sebab itu seharusnya ada lebih dahulu daripada musabab? Jelaslah bahwa ketetapan Alloh pada mahluk-Nya itu berkaitan dengan sebab musabab suatu kehendak dari hamba. Namun segala sesuatu itu, terjadi atas kudran dan iradat Alloh SWT semata.
Alloh SWT berfirman:

" Sesungguhnya hamba-hambaKu. Kamu tidak dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhanmu sebagai penjaga "
QS Al-Isra': 65

Kemudian Syekh Ibnu Athaillah menyatakan:

" Maha agung hukum Alloh yang sejak zaman azali tidak menyandarkan sesuatu pada sebab musababnya "

Pernyataan ini juga merupakan dalil lain dari keterangan tersebut diatas. Artinya ada yang telah didapat dan dicapai leh orang yang berdoa merupakan ketetapan hukum yang sesungguhnya telah terjadi sejak zaman azali. Jadi bukan disebabkan oleh adanya do'a dan permintaan seorang hamba. Karena hukum terlalu mulia bila disandarkan pada permintaan seorang hamba yang lemah dan cacat sebagai sebabnya. Sesungguhnya semua secara mutlak berjalan sesuai dengan kudrat dan iradat Alloh SWT. Kehendak dan iradat itulah yang berlaku dan terjadi. Apa yang diperbuat oleh seorang hamba adalah penuh kekurangan dan cacat sedangkan apa yang diperbuat oleh Alloh adalah sempurna tanpa cacat. Demikian menurut pandangan para arifin yang ahli hakekat.
Al-Hikam,Syekh Ibnu Athaillah

Posted by Fatoer | Berani Beda

Terima Kasih telah membaca artikel Menyelam Samudera Ma'rifat dan Hakekat ( Antara Do'a Dan Suratan Takdir ). Posting oleh Fatoer. Semoga berguna buat Anda. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment